HUT Kampar ke 71

Tatap Muka SD Negeri 007 Rimbo Panjang, Sekolah Berseri Alami dimasa Pandemi Covid-19

SAMBUTAN KEPALA SEKOLAH


PROFIL SEKOLAH SD Negeri 007 RIMBOPANJANG

A. Profil Umum Sejarah singkat berdirinya sekolah SD Negeri 007 Rimbopanjang berdiri sejak tahun 1974 dengan luas lahan 4700 Meter ...


A. Profil Umum

Sejarah singkat berdirinya sekolah

SD Negeri 007 Rimbopanjang berdiri sejak tahun 1974 dengan luas lahan 4700 Meter Persegi. Minat siswa baru yang mendaftar ke SD Negeri 007 Rimbopanjang. dalam 3 tahun terakhir mengalami peningkatan. Badan Akreditasi Sekolah dan Madrasah  (BAN S/M) memberikan status TERAKREDITASI/Peringkat   B/.  

Kurikulum yang berlaku mengacu pada Kurikulum Nasional  2013 dan ditunjang dengan muatan lokal yaitu yang terkait dengan visi, misi dan tujuan sekolah yaitu :

 

 Visi Sekolah:

Mewujudkan peserta didik yang unggul dalam bidang akademis, agamis, kompetitif dan berwawasan lingkungan menuju sekolah yang berstandar nasional

 Misi Sekolah:

1.  Menyelenggarakan seleksi penerimaan siswa baru berdasarkan kriteria terukur

2.  Melakukan proses belajar mengajar secara efektif dan efisien untuk mencapai

standar kompetensi (standar nasional pendidikan)

3.  Melaksanakan kegiatan yang dapat meningkatkan kemampuan kognitif, afektif,

psikomotor dan ektrakurikuler           

4.  Menumbuhkan semangat dan gemar membaca kepada seluruh siswa sehingga

berwawasan luas, lugas dan cepat tanggap

5.  Menciptakan lingkungan yang bersih, sehat, ,indah,rindang, dan alami (berseri alami)

6.  Menumbuhkan semnagant cinta dan peduli lingkungan serta memelihara kelestarian hayati

7.  Membiasakan budaya peduli lingkungan dimanapun berada

 

Kegiatan belajar dilaksanakan oleh staf pengajar yang memiliki kulifikasi S1 = 17 0rang.  Urusan adm sekolah dilaksanakan oleh Operator Sekolah/ tata usaha yg terdiri dari

Kepala TU 1 orang dengan 1 staf yg Terdiri dari:

1 orang tenaga Administrasi surat menyurat dan pengarsipan serta Administrasi Kepegawaian

1  orang tenaga Administrasi Peserta Didik dan orang tenaga Administrasi Keuangan dan lain-lain.

Perpustakaan SD Negeri 007 Rimbopanjang di kelola oleh 2 orang tenaga perpustakaan/pustakawan yang terdiri dari : 1 orang pengelola

Selain memilik pustakawan, SD Negeri 007 Rimbo Panjang juga memiliki 1 orang petugas Kebersihan dan 1 orang petugas Keamanan.

Proses pembelajaran berlangsung 2 shift, kegiatan belajar akan berlangsung selama Enam  Hari kerja. Adapun identitas sekolah Dasar Negeri 007 Rimbo Panjang adalah sbb:

 

B. Profile Pembelajaran

1.      Pelaksanaan SPMI di Satuan Pendidikan

Sebagai upaya peningkatan mutu pembelajaran, sekolah melakukan pemetaan mutu, penyusunan rencana, implementasi, monitoring dan audit mutu, serta penetapan standar mutu baru. Saat ini sekolah sedang dalam tahap implementasi program peningkatan mutu. Adapun program yang menjadi prioritas pada tahun ini adalah :

a.       Peningkatan Kompetensi Guru

b.      Peningkatan Mutu Kompetensi Lulusan

c.       Peningkatan Kelengkapan Sarana dan Prasarana

d.      Peningkatan proses pembelajaran dan ekstra kurikuler

Pelaksanaan SPMI di SD Negeri 007 Rimbo Panjang sesuai binaan LPMP Riau Melalui kegiatan pendampingan sudah membuat program dengan menerapkan sistem penjaminan mutu pendidikan secara mandiri sesuai standar pendidikan nasional.

 

2.      Program Pengelolaan Pembelajaran di Masa Pandemi

Pembelajaran dilaksanakan melalui PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh). Siswa dapat belajar dengan daring melalui grup WA masing-masing kelas. Jadwal dimulai pukul 08.00 WIB sampai 08.40 WIB dan pukul 09.00 WIB sampai 09.40 WIB. Bagi siswa yang berada diluar jaringan tetpat belajar dari rumah dengan cara menjemput tugas kesekolah(1x seminggu). Sejauh ini PJJ terlaksana dengan baik. Ini terlihat dari laporan bulanan yang dibuat oleh masing-masing guru.

 

3.      Perangkat Pembelajaran

Salah satu upaya untuk meningkatkan mutu pelajaran dimasa pandemic covid 19 guru diharapkan menyempurnakan perangkat administrasi. Tujuannya agar pembelajaran tetap berlangsung dengan baik. Salah satu inisiatif menteri pendidikan dan kebudayaan (Mendikbud) mengeluarkan kebijakan pendidikan”merdeka belajar” ini didedikasi untuk meringankan administrasi guru dengan memperhatikan aspek pendukung lainnya yang dapat dipahami tidak hanya oleh siswa tetapi juga orang tua.

 

4.      Pembelajaran Implementasi PPK

Implementasi PPK dapat dilaksanakan dengan 6 cara yaitu

1.      Mengintegrasikannya dalam kurikulum

2.      Manajemen atau pengelolaan kelas

3.      Pemilihan pendekatan/strategi/metode/ model pembelajaran

4.      Pembelajaran tematik

5.      Gerakan literasi

6.      Melalui layanan bimbingan konseling

Pengintegrasian PPK dalam kurikulum mengandung arti bahwa pendidik menerapkan nilai-nilai utama karakter, menumbuhkan dan menguatkan pengetahuan, menanamkan kesadaran, mempraktekkan nilai-nilai utama PPK serta pembelajaran bermakna. Adapun implementasi PPK di SD Negeri 007 Rimbo Panjang yaitu:

1.             Melakukan analisi KD melalui identifikasi nilai-nilai yang terkandung dalam materi pembelajaran.

2.             Mendesain RPP yang memuat fokus penguatan karakter dengan memilih metode pembelajaran dan pengelolaan (manajemen) kelas yang relevan.

3.             Melaksanakan penilaian otentik atas pembelajaran sesuai skenario dalam RPP.

4.             Melaksanakan penilaian otentik atas pembelajaran yang dilakukan

5.             Melakukan refleksi dan evaluasi terhadap keseluruhan proses pembelajaran.

 

5.      Implementasi Literasi

Sebagai bangsa yang besar Indonesia harus mampu mengembangkan budaya literasi sebagai prasyarat kecakapan hidup abad 21 melalui pendidikan yang terintegrasi. Dalam pelaksanaan kurikulum 2013 kegiatan literasi sebagai salah satu kegiatan yang wajib dilaksanakan guna menumbuhkan kesadaran siswa akan pentingnya membaca untuk menambah ilmu pengetahuan. 

1.      Persiapan kegiatan literasi kurikulum 2013 dimulai dengan rapat koordinasi kepala sekolah. Dengan dibentuknya Tim Gerakan Literasi Sekolah yang terdiri dari petugas pustaka, guru kelas dan guru yang ditunjuk. 

2.      Mensosialisasikan kegiatan literasi pada siswa.

3.      Melengkapi sarana dan prasarana seperti buku-buku bacaan umum dan literature bacaan sekolah.

4.      Mempublikasi hasil karya siswa (puisi, cerpen, cerbung, cergam, dll) melalui mading dan media sosial.

 

C. Branding Sekolah

Mengidentifikasi masalah dan kebutuhan masyarakat di SD Negeri 007 Rimbo panjang sekolah mengusung 2 kata “Berseri Alami” sebagai branding yang diharapkan menjadi kualitas lulusan yang ingin dihasilkan. Berseri alami diartikan berbudi, sehat jasamani dan rohani, ramah lingkungan, intelektual, agamais, layak dan mandiri.

 

D. Program Unggulan Sekolah

SD Negeri 007 Rimbo Panjang dibawah pimpinan Arlinda wati S.Pd memiliki program unggulan diantaranya

1.      Mewujudkan sekolah adiwiyata dengan mutu berseri Alam (Bersih, Sehat,Rindang, Alami”

2.      Sekolah Literasi dengan menyempurkan pojok pojok bacaan siswa dan taman bacaan.

3.      Sekolah Sehat, program  ini dilaksanakan mengingat pencegahan Covid 19 dan penyakit menular lainnya.

1.      Sekolah menyediakan sabun dan tempat cuci tangan, dimasing masing kelas,

2.      Sekolah menyediakan toilet terpisah laki-laki dan perempuan, siswa dan guru dengan jumlah yang memadai.

3.      Sekolah menyediakan tempat pembuangan sampah terpisah antar organik, non organik dan kaca.

4.      Sekolah melakukan wirausaha dengan membuat bank sampah yang pada akhirnya memiliki nilai jual.

 

E. Program Ekstrakurikuler

Program ekstrakurikuler yang sudah dilaksanakan di SD Negeri 007 Rimbo panjang sepanjang 2019

1.      Pramuka

2.      Kesenian bidang seni rupa, seni music dan seni tari.

3.      Rohis

4.      Club olimpiade matematika dan sains

5.      Pencak silat

 

 

F. Prestasi Sekolah

Prestasi Non Akademik

1.      2019- Juara 2 Pantomim tingkat kabupaten

2.      2019- Juara Harapan 1 Menari

 

G. Capaian 8 SNP Tahun 2019

 

Standar

Indikator

Capaian

1. Standar kompetensi Kelulusan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1.1. Lulusan memiliki kompetensi pada dimensi sikap

 

 

 

 

 

 

1.1.1 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME

1.1.2 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap berkarakter

1.1.3 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap disiplin

1.1.4 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap santun

1.1.5 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap jujur

1.1.6 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap peduli

1.1.7 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap percaya diri

1.1.8 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap bertanggungjawab

1.1.9Memiliki perilaku pembelajar sejati sepanjang hayat

1.1.10Memiliki perilaku sehat jasmani dan rohani

1.2.Lulusan memiliki kompetensi pada dimensi pengetahuan

1.2.1. Memiliki pengetahuan faktual, prosedural, konseptual, metakognitif

1.3. Lulusan memiliki kompetensi pada dimensi keterampilan

 

 

 

 

1.3.1 Memiliki keterampilan berpikir dan bertindak kreatif

1.3.2. Memiliki keterampilan berpikir dan bertindak produktif

1.3.3. Memiliki keterampilan berpikir dan bertindak kritis

1.3.4. Memiliki keterampilan berpikir dan bertindak mandiri

1.3.5. Memiliki keterampilan berpikir dan bertindak kolaboratif

1.3.6. Memiliki keterampilan berpikir dan bertindak komunikatif

2. Standar Isi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.1. Perangkat pembelajaran sesuai rumusan kompetensi lulusan

 

 

 

2.1.1. Memuat karakteristik kompetensi sikap

2.1.2. Memuat karakteristik kompetensi pengetahuan

2.1.3. Memuat karakteristik kompetensi keterampilan

2.1.4. Menyesuaikan tingkat kompetensi siswa

2.1.5. Menyesuaikan ruang lingkup materi pembelajaran

2.2. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dikembangkan sesuai prosedur

 

 

 

2.2.1. Melibatkan pemangku kepentingan dalam pengembangan kurikulum

2.2.2..Mengacu pada kerangka dasar penyusunan

2.2.3. Melewati tahapan operasional pengembangan

2.2.4  Memiliki perangkat kurikulum tingkat satuan pendidikan yang dikembangkan

2.3. Sekolah melaksanakan kurikulum sesuai ketentuan

 

 

 

2.3.1. Menyediakan alokasi waktu pembelajaran sesuai struktur kurikulum yang berlaku

2.3.2. Mengatur beban belajar bedasarkan bentuk pendalaman materi

2.3.3. Menyelenggarakan aspek kurikulum pada muatan lokal

2.3.4. Melaksanakan kegiatan pengembangan diri siswa

3. Standar Proses

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.1. Sekolah merencanakan proses pembelajaran sesuai ketentuan

 

3.1.1. Mengacu pada silabus yang telah dikembangkan

3.1.2. Mengarah pada pencapaian kompetensi

3.1.3. Menyusun dokumen rencana dengan lengkap dan sistematis

3.1.4. Mendapatkan evaluasi dari kepala sekolah dan pengawas sekolah 

3.2. Proses pembelajaran dilaksanakan dengan tepat

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.2.1. Membentuk rombongan belajar dengan jumlah siswa sesuai ketentuan

3.2.2. Mengelola kelas sebelum memulai pembelajaran

3.2.3. Mendorong siswa mencari tahu

3.2.4. Mengarahkan pada penggunaan pendekatan ilmiah (

3.2.5. Melakukan pembelajaran berbasis kompetensi

3.2.6. Memberikan pembelajaran terpadu

3.2.7. Melaksanakan pembelajaran dengan jawaban yang kebenarannya multi dimensi;

3.2.8. Melaksanakan pembelajaran menuju pada keterampilan aplikatif

3.2.9. Mengutamakan  pemberdayaan siswa sebagai pembelajar sepanjang hayat

3.2.10. Menerapkan prinsip bahwa siapa saja adalah guru, siapa saja adalah siswa, dan di mana saja adalah kelas.(6,99)

3.2.11. Mengakui atas perbedaan individual dan latar belakang budaya siswa.

3.2.12. Menerapkan metode pembelajaran sesuai karakteristik siswa

3.2.13. Memanfaatkan media pembelajaran dalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas pembelajaran

3.2.14. Menggunakan aneka sumber belajar

3.2.15. Mengelola kelas saat menutup pembelajaran

3.3. Pengawasan dan penilaian otentik dilakukan dalam proses pembelajaran

 

 

 

 

 

3.3.1. Melakukan penilaian otentik secara komprehensif

3.3.2. Memanfaatkan hasil penilaian otentik

3.3.3. Melakukan pemantauan proses pembelajaran

3.3.4. Melakukan supervisi proses pembelajaran kepada guru

3.3.5. Mengevaluasi proses pembelajaran

3.3.6. Menindaklanjuti hasil pengawasan proses pembelajaran

4. Standar Penilaian Pendidikan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.1. Aspek penilaian sesuai ranah kompetensi

 

4.1.1. Mencakup ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan

4.1.2. Memiliki bentuk pelaporan sesuai dengan ranah

4.2. Teknik penilaian obyektif dan akuntabel

 

4.2.1. Menggunakan jenis teknik penilaian yang obyektif dan akuntabel

4.2.2. Memiliki perangkat teknik penilaian lengkap

4.3. Penilaian pendidikan ditindaklanjuti

 

4.3.1. Menindaklanjuti hasil pelaporan penilaian

4.3.2. Melakukan pelaporan penilaian secara periodik

4.4. Instrumen penilaian menyesuaikan aspek

 

 

 

4.4.1. Menggunakan instrumen penilaian aspek sikap

4.4.2. Menggunakan instrumen penilaian aspek pengetahuan

4.4.3. Menggunakan instrumen penilaian aspek keterampilan

 

4.5. Penilaian dilakukan mengikuti prosedur

 

 

4.5.1. Melakukan penilaian berdasarkan penyelenggara sesuai prosedur

4.5.2. Melakukan penilaian berdasarkan ranah sesuai prosedur

4.5.3. Menentukan kelulusan siswa berdasarkan pertimbangan yang sesuai

5. Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5.1. Ketersediaan  dan kompetensi guru sesuai ketentuan

 

 

 

 

 

5.1.1. Berkualifikasi minimal S1/D4

5.1.2. Rasio guru kelas terhadap rombongan belajar seimbang

5.1.3. Bersertifikat pendidik

5.1.4. Berkompetensi pedagogik minimal baik

5.1.5. Berkompetensi kepribadian minimal baik

5.1.6. Berkompetensi profesional minimal baik

5.1.7. Berkompetensi sosial minimal baik

5.2. Ketersediaan  dan kompetensi kepala sekolah sesuai ketentuan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5.2.1. Berkualifikasi minimal S1/D4

5.2.2. Berusia sesuai kriteria saat pengangkatan

5.2.3. Berpengalaman mengajar selama yang ditetapkan

5.2.4. Berpangkat minimal III/c atau setara

5.2.5. Bersertifikat pendidik

5.2.6. Bersertifikat kepala sekolah

5.2.7. Berkompetensi kepribadian minimal baik

5.2.8. Berkompetensi manajerial minimal baik

5.2.9. Berkompetensi kewirausahaan minimal baik

5.2.10. Berkompetensi supervisi minimal baik

5.2.11. Berkompetensi sosial minimal baik

5.3. Ketersediaan dan kompetensi tenaga administrasi sesuai ketentuan

 

 

 

 

 

 

 

 

5.3.1. Tersedia Kepala Tenaga Administrasi

5.3.2. Memiliki Kepala Tenaga Administrasi berkualifikasi minimal SMK/sederajat

5.3.3. Memiliki Kepala Tenaga Administrasi bersertifikat

5.3.4. Tersedia Tenaga Pelaksana Urusan Administrasi

5.3.5. Memiliki Tenaga Pelaksana Urusan Administrasi berpendidikan sesuai ketentuan

5.3.6. Berkompetensi kepribadian minimal baik

5.3.7. Berkompetensi sosial minimal baik

5.3.8. Berkompetensi teknis minimal baik

5.3.9. Berkompetensi manajerial minimal baik

5.4. Ketersediaan dan kompetensi laboran sesuai ketentuan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5.4.1. Tersedia Kepala Tenaga Laboratorium

5.4.2. Memiliki Kepala Tenaga Laboratorium berkualifikasi sesuai

5.4.3. Memiliki Kepala Tenaga Laboratorium bersertifikat

5.4.4. Tersedia Kepala Tenaga Laboratorium berpengalaman sesuai

5.4.5. Tersedia Tenaga Teknisi Laboran

5.4.6. Memiliki Tenaga Teknisi Laboran berpendidikan sesuai ketentuan

5.4.7. Tersedia Tenaga Laboran

5.4.8. Memiliki Tenaga Laboran berpendidikan sesuai ketentuan

5.4.9. Berkompetensi kepribadian minimal baik

5.4.10. Berkompetensi sosial minimal baik

5.4.11. Berkompetensi manajerial minimal baik

5.4.12. Berkompetensi profesional minimal baik

5.5. Ketersediaan dan kompetensi pustakawan sesuai ketentuan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5.5.1. Tersedia Kepala Tenaga Pustakawan 

5.5.2. Memiliki Kepala Tenaga Pustakawan berkualifikasi sesuai 

5.5.3. Memiliki Kepala Tenaga Pustakawan bersertifikat 

5.5.4. Memiliki Kepala Tenaga Pustakawan berpengalaman sesuai 

5.5.5. Tersedia Tenaga Pustakawan 

5.5.6. Memiliki Tenaga Pustakawan berpendidikan sesuai ketentuan 

5.5.7. Berkompetensi manajerial minimal baik 

5.5.8. Berkompetensi pengelolaan informasi minimal baik 

5.5.9. Berkompetensi kependidikan minimal baik 

5.5.10 Berkompetensi kepribadian minimal baik 

5.5.11. Berkompetensi sosial minimal baik 

5.5.12. Berkompetensi pengembangan profesi minimal baik 

6. Standar Sarana dan Prasarana Pendidikan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6.1. Kapasitas daya tampung sekolah memadai

 

 

 

 

 

6.1.1. Memiliki kapasitas rombongan belajar yang sesuai dan memadai

6.1.2. Rasio luas lahan sesuai dengan jumlah siswa

6.1.3. Kondisi lahan sekolah memenuhi persyaratan

6.1.4. Rasio luas bangunan sesuai dengan jumlah siswa

6.1.5. Kondisi bangunan sekolah memenuhi persyaratan

6.1.6. Memiliki ragam prasarana sesuai ketentuan

6.2. Sekolah memiliki sarana dan prasarana pembelajaran yang lengkap dan layak

 

 

 

 

 

 

6.2.1. Memiliki ruang kelas sesuai standar

6.2.2. Memiliki laboratorium IPA sesuai standar

6.2.3. Memiliki ruang perpustakaan sesuai standar

6.2.4. Memiliki tempat bermain/lapangan sesuai standar

6.2.10. Kondisi ruang kelas layak pakai

6.2.11 . Kondisi laboratorium IPA layak pakai

6.2.12. . Kondisi ruang perpustakaan layak pakai

6.2.13.  Kondisi tempat bermain/lapangan layak pakai

6.3 Sekolah memiliki sarana dan prasarana pendukung yang lengkap dan layak

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6.3.1. Memiliki ruang pimpinan sesuai standar

6.3.2. Memiliki ruang guru sesuai standar

6.3.3.Memiliki ruang UKS sesuai standar

6.3.4. Memiliki tempat ibadah sesuai standar

6.3.5. Memiliki jamban sesuai standar

6.3.6.Memiliki gudang sesuai standar

6.3.7.Memiliki ruang sirkulasi sesuai standar

6.3.11.Menyediakan kantin yang layak

6.3.12.Menyediakan tempat parkir yang memadai

6.3.14.Kondisi ruang pimpinan layak pakai

6.3.15.Kondisi ruang guru layak pakai

6.3.16.Kondisi ruang UKS layak pakai

6.3.17.Kondisi tempat ibadah layak pakai

6.3.18.Kondisi jamban sesuai standar 

6.3.19.Kondisi gudang layak pakai 

6.3.20.Kondisi ruang sirkulasi layak pakai 

7. Standar Pengelolaan Pendidikan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

7.1.Sekolah melakukan perencanaan pengelolaan

 

 

7.1.1. Memiliki visi, misi, dan tujuan yang jelas sesuai ketentuan

7.1.2.Mengembangkan rencana kerja sekolah ruang lingkup sesuai ketentuan

7.1.3.Melibatkan pemangku kepentingan sekolah dalam perencanaan pengelolaan sekolah

7.2.Program pengelolaan dilaksanakan sesuai ketentuan

 

 

 

 

 

7.2.1.Memiliki pedoman pengelolaan sekolah lengkap

7.2.2.Menyelenggarakan kegiatan layanan kesiswaan 

7.2.3.Meningkatkan dayaguna pendidik dan tenaga kependidikan 

7.2.4.Melaksanakan kegiatan evaluasi diri

7.2.5.Membangun kemitraan dan melibatkan peran serta masyarakat serta lembaga lain yang relevan 

7.2.6.Melaksanakan pengelolaan bidang kurikulum dan kegiatan pembelajaran

7.3.Kepala sekolah berkinerja baik dalam melaksanakan tugas kepemimpinan

 

 

 

 

 

7.3.1.Berkepribadian dan bersosialisasi dengan baik

7.3.2.Berjiwa kepemimpinan

7.3.3.Mengembangkan sekolah dengan baik

7.3.4.Mengelola sumber daya dengan baik 

7.3.5.Berjiwa kewirausahaan

7.3.6.Melakukan supervisi dengan baik

7.4.Sekolah mengelola sistem informasi manajemen

 

 

 

7.4.1.Memiliki sistem informasi manajemen sesuai ketentuan

8. Standar Pembiayaan

 

 

 

 

 

 

8.1 Sekolah memberikan layanan subsidi silang

 

 

8.1.1.Membebaskan biaya bagi siswa tidak mampu

8.1.2.Memiliki daftar siswa dengan latar belakang ekonomi yang jelas 

8.1.3.Melaksanakan subsidi silang untuk membantu siswa kurang mampu 

8.2 Beban operasional sekolah sesuai ketentuan

8.2.1. Memiliki biaya operasional non personil sesuai ketentuan 

8.3. Sekolah melakukan pengelolaan dana dengan baik

 

 

8.3.1.Mengatur alokasi dana yang berasal dari APBD/APBN/Yayasan/sumber lainnya 

8.3.2.Memiliki laporan pengelolaan dana 

8.3.3.Memiliki laporan yang dapat diakses oleh pemangku kepentingan 

 

 

 

 

COMMENTS

NAMA PESERTA DIDIK BARU

NAMA PESERTA DIDIK BARU


Nama

GALERI FOTO,1,PROFIL SEKOLAH,1,SEKAPUR SIRIH,1,STRUKTUR ORAGNISASI,1,VISI MISI,1,
ltr
item
SDN 007 RIMBO PANJANG: PROFIL SEKOLAH SD Negeri 007 RIMBOPANJANG
PROFIL SEKOLAH SD Negeri 007 RIMBOPANJANG
SDN 007 RIMBO PANJANG
https://www.sdn007rpjba.sch.id/2020/11/profil-sekolah-sd-negeri-007.html
https://www.sdn007rpjba.sch.id/
https://www.sdn007rpjba.sch.id/
https://www.sdn007rpjba.sch.id/2020/11/profil-sekolah-sd-negeri-007.html
true
8323812664493673855
UTF-8
Loaded All Posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy